Selasa, 24 Juli 2018

keunikan nama jombang





 



Jombang adalah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Dalam logo Kabupaten Jombang, memang terdapat gerbang dan benteng yang melambangkan bahwa zaman dahulu Jombang adalah benteng Majapahit (Mojopahit) sebelah barat.
Keunikan kota jombang adalah sejarah dan asal usul nama yg di pakai sampai sekarang
Awal nama jombang di ambil dari kata ijo (hijau) dan abang (merah) yg di gabungkan menjadi jombang, tetapi warna abang (merah) sekarang jarang di gunakan lagi di jombang karna setiap pergantian bupati memiliki warna ke banggaan tersendiri tetapi warna hijau tetap menjadi warna dasar nya untuk ikon jombang
kata ijo (hijau) dan abang (merah) dari mana? Begini sejarahnya
menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut di kalangan masyarakat jombang, hal ini tak lepas dari sosok kebo kicak bahwa kebo kicak adalah sosok kesatria. Dia mengobrak abrik kerajaa majapahit untuk mencari ayah kandungnya yang bernama patih pnggulang jagad. Setelah bertemu patih pangulang jagad, kebo kicak diminta menunjukkan bukti bahwa dia benar benar anak sang patih. Cara membuktikannya tak mudah. Kebo kicak di minta mengangkat batu hitam di sungai brantas.  Dalam upayanya itu kebo kicak harus berkelahi dengan bajul ijo. Usaha kebo kicak membuahkan hasil. Setelah berhasil membuktikan bahwa dirinya anak kandung patih pangulang jagad, kebo kicak diberi wewenang menjadi penguasa wilayah barat. Ambisi kekusaan yang tinggi membuat kebo kicak tak pernah puas. Dia bertarung dengan saudara seperguruannya, surotanu, demi merebutkan pusaka benteng milik surotanu konon, pertempuran kedua orang tersebut berlangsung amat dahsyat. Saat keduanya bertarung, muncul warna ijo (hijau) dan abang (merah). Dari pengabungan kata ijo dan abang tersebut muncul sebutan jombang. Warna hijau bermakna kesuburan, ketenangan, dan kebaktian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sementara, warna merah berarti keberanian, dinamis dan kritis.






Jombang juga di sebut dengan julukan jombang beriman atau juga kota santri bagaimana bisa?Jombang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak pondok pesantren yg berdiri diberbagai wilayah jombang Salah satunya adalah Pondok Pesantren Tebu Ireng. Bahkan hampir setiap desa di jombang terdapat pondok pesantren.
Nama Jombang BERIMAN, bukan hanya orang Jombang yang mempunyai iman sangat kuat tetapi kata “BERIMAN” merupakan singkatan dari “BERsih Indah dan nyaMAN”. Oleh sebab itu, Kabupaten Jombang mengutamakan kebersihan dan kenyamanan warga lokal maupun pengujung.  Tidak hanya itu saja, orang Jombang juga terkenal dengan keramah tamahannya, hal ini juga yang mendukung kata BERIMAN untuk nama beken Kabupaten Jombang.








Selain pondok pesantren dan nama keren Jombang. Jombang juga memiliki salah satu tempat yang dikunjungi oleh orang-orang di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Presiden RI juga mendatanginya. Makam Gus Dur adalah tempat makam mantan Presiden RI. Sebuah makam yang berada di Desa Cukir memiliki bangunan masjid yang indah yang membuat remaja muslim tidak bosan mengunjunginya. Selain itu, lokasi Makam Gus Dur ini sangat strategis. Jauh dari asap kendaraan yang lalu lalang dan suasana yang tenang menyelimuti tempat pemakaman. Sehingga orang yang berada di sekitar maupun melewati makan tersebut merasakan kenyamanan dan rasa ingin berkunjung. Jombang pernah jadi nomor satu di Indonesia merupakan sejarah kebanggaan dari warga Jombang.



pengajian umum



seribu rebana



Budaya di jombang yang masih sering di lakuan adalah ketika hari maulid nabi dan hari rajab(rejeban) setiap desa bahkan dusun mengadakan kegiatan seperti pengajian umum, seribu rebana,terbangan dan beberapa hiburan lainnya.









 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar